Sunday, October 7, 2018

Fruitcorso, Parade Hasil Bumi

Jaaaa... 
Bulan September ada dua corso di Belanda yang sangat menarik, yang pertama adalah Bloemencorso dan Fruitcorso. Fruitcorso, seperti namanya fruit yang berarti buah dan corso yang berarti parade jadi Fruitcorso adalah Parade Buah. Namun, tidak hanya buah saja, jadi lebih ke hasil bumi karena pada bulan-bulan ini para petani panen hasil pertaniannya (selain buah, ada sayur-sayuran, dan biji-bijian) yang dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan kreatifitas mereka.

Bisa teman-teman lihat di website mereka disini karena ada banyak acara sebelum dan setelah parade dimulai ada mozaik-mozaik juga, jadi teman-teman bisa lihat tanggal dan waktu acaranya, fruitcorsonya sendiri pada tahun ini diadakan pada tanggal 15 September 2018. 
Fruitcorso diadakan di Tiel, Gelderland, perjalanan kesana dari Leerdam hanya tigapuluh menit saja menggunakan mobil. Saat itu kami mendapat tempat parkir yang lumayan jauh dari tempat parade, tapi tidak masalah karena kita berjalan melewati rumah-rumah warga yang cantik-cantik khas Belanda, ada juga rumah-rumah jaman dulu yang masih ditinggali sampai sekarang dan ada banyak bunga juga yang bermekaran seperti krisan, dahlia dan tanaman-taman hias khas musim dingin di halaman rumah-rumah tersebut.

Yup.. mari kita lihat foto-foto yang saya ambil, dan ada beberapa vidio juga (vidio error, ndak mau jalan jadi tidak ada vidio disini 😭😭) bisa lihat di hightlights story di akun Instagram saya disini

 Diawali dengan mobil dan krat petani apel, kami dibagi-bagikan apel hasil panen mereka. Jenis apel ini rasanya manis-manis kecut segar

kemudian, dibelakang bapak petani apel parade dimulai dengan buatan anak-anak, seperti gurita satu ini dihias menggunakan biji-bijian.

Dibelakang parade yang dibawakan oleh anak-anak, mulailah parade yang dibawakan oleh orang-orang dewasa. Seperti foto-foto dibawah ini...


Berdasarkan pengumuman di website Fruitcorso, foto yang sebelah kanan (yang pertama) adalah pemenang hadiah kedua sedangkan yang sebelah kiri (yang kedua) adalah pemenang hadiah ketiga dari katagori Jeudgwagens

Semuanya, dihias menggunakan buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Detailnya itu bikin terpesona, semua yang saya lihat disini sangat detail dengan motif. Dan ini adalah pemenang pertama dari katagori Jeudgwagens (kodok yang dibelakangnya tapi sepertinya ini satu kesatuan dari Geldermalsen)

Yaaa.. ketemu gagak juga disini.. yuhuuu.. dan dari semua katagori Grote Wagens ini adalah pemenang ketiga



yang ini menggunakan pakaian khas Belanda, Klederdracht. Bisa lihat detail hasil bumi yang digunakan?  dan ini adalah pemegang hadiah pertama dari Publieksprijs/ Audience prize dalam katagori Grote Wagens (Big Cars)

Untuk semua katagori dari Grote Wagens, ini pemenang pertamanya. 



Ini juga saya suka, penyunya bisa bergerak-gerak. Kayaknya tema bawah laut, kalian bisa lihat kuda laut dan ikan-ikannya?


Ini adalah mobil terakhir dari keseluruhan parade ini, difoto bisa lihat asap, sebenarnya disitu tidak hanya asap saja, tapi ada juga air mancur, dan percikan api


Kecantikan parade sudah saya ceritakan melalui beberapa foto yang saya bagikan ini, bagaimana mereka menghias ide-ide mereka dengan berbagaimacam buah, sayur dan biji-bijian. Kemeriahan dari parade ini juga sangat terasa, para peserta sangat bersemangat dari teaterikal sampai lelucon-lelucon mereka bawakan untuk memaksimalkan pertunjukkan. Jangan ditanya seberapa banyak orang yang melihat acara ini, tidak terkecuali orang-orang yang bekursi roda dan yang sudah berusia lanjut (opa dan oma) berkumpul disini untuk melihat acara tahunan ini.

Tiga hari setelah parade, kami pergi ke Geldermalsen dan tidak sengaja bertemu dengan figure-figure dari Fruitcorso, jadi disini saya bisa memotret lebih dekat. seperti yang dibawah ini.

Setelah masuk ke kota Geldermalsen, Lebah-lebah cantik ini langsung memikat mata. Teman-teman bisa lihat buah dan sayur yang digunakan secara lebih jelas. Bisa lihat anggur hijau dan ungu, bunga kol, artichoke, pear, asparagus, kacang-kacangan, tomat, baang bombai, bawang putih, ada yang tau nama sayur apa itu yang panjang warna hijau? atau ada lagi yang tau hasil bumi apa lagi yang belum saya sebutkan?

Kami kira hanya satu ini tapi ternyata setalah jalan lebih dalam, kami bertemu si Joker, detailnya seperti dibawah ini

Bisa lihat lebih dekat, buah, sayur dan biji-bijian apa yang digunakan ya, bisa mengenali beberapa buah, seperti apel kecil-kecil (apel ini tidak dimakan, jadi seperti apel hias saja), yang warna merah dan hijau bukan paprika tapi cabai, saya lupa jenis cabainya


 


Kalau disini yang saya bisa kenali di foto yang pertama ada jagung, tomat, apel kecil-kecil, bawang, cabai, brussel sprouts, pear, dan apel. Sedangakan di foto kedua, ada straberry, bawang putih, blackberry, tomat, aku rasa juga ada blueberry. Hayoo.. ada yang bisa bantu saya untuk sebut nama-nama hasil bumi yang digunakan? hohohoo...


Jadi, bagaimana menurut kalian? Fruitcorso juga menarikkan, jadi jangan lupa masukkan Fruitcorso kedalam itinerary kalian jika berkunjung ke Belanda pada bulan September. Jangan kelewatan ya!
 
Doeii.. see you..

PS : Jika saya ada kesalahan dalam menjelaskan sesuatu, tolong beritahu ya. Terimakasih 🙏

No comments:

Post a Comment