Wednesday, August 15, 2018

Mengurus Sendiri Visa Schengen Kurang dari 90 Hari ke Belanda; Bagian 3 Schengen Visa Application Form

Halo.. ini bagian ke tiga dari tiga tulisan tentang pengalaman saya saat mengajukan Visa Schengen ke Belanda. Pada tulisan ini saya akan membicarakan tentang formulir aplikasi visa yang bisa di download di laman website VFS Global Indonesia untuk Belanda, yang sudah saya jelaskan di kedua tulisan saya sebelumnya. Dalam form aplikasi ada tiga puluh tujuh kolom yang harus teman-teman isi pada tiga halaman formulir. Pada halaman pertama ada kotak foto dan stamp, jangan tempel foto teman-teman disana ya, cukup disertakan tanpa ditempel pada formulir (tapi, kalau teman-teman sudah terlanjur menempelnya tidak masalah juga kok, seperti saya :p)  dan pada halaman terakhir teman-teman menuliskan tempat dan tanggal pengajuan visa serta tanda tangan. Berikut tiga puluh tujuh kolom yang harus diisi :

1. Surename (Family name) tidak saya isi karena saya tidak punya Marga Keluarga
2. Surename at birth (Former family name) tidak saya isi juga
3. First name (Given name) pada kolom ini saya tuliskan nama lengkap saya
4. Date of birth, tuliskan dengan format hari-bulan-tahun
5. Place of birth, sudah jelas ya
6. Country of birth, ini juga sudah jelas saya tulis Indonesia :D
7. Current nationality, saya tulis Indonesia karena saya WNI :D 
Nationality at birth, saya kasih tanda (-) karena saya dari lahir warga negara Indonesia 
8. Sex, tentu saja saya silang Female 
9. Martial status, ada beberapa pilihan pada kolom ini silang yang sesuai dengan keadaan teman-teman
10. In the case of minors..... saya tidak isi karena saya tidak berpergian dengan anak-anak
11. National identity number, saya isi dengan nomor KTP 
12. Type of travel document, disini juga ada beberapa pilihan silang yang sesuai ya, saya silang ordinary passport
13. Number of travel document, saya isi dengan nomor Passport
14. Date of issue, diisi dengan tanggal/bulan/tahun penerbitan passport
15. Valid until, diisi dengan tanggal/bulan/tahun terakhir berlaku Passport (masa berlaku passport)
16. Issued by, saya isi dengan Immigration office in Mataram 
17. Applicant's home address and e-mail address, sudah jelas ya dan ingat cantumkan e-mail yang aktif ya
Telephone number's, saya cantumkan nomor ponsel saya
18. Residence in a country other than the country of current nationality, saya silang No karena saya tidak hidup di negara lain 
19. Current occupation, karena saya bukan pekerja kantoran dan bukan pedagang yang memiliki SIUP pada point ini saya bingung untuk menuliskan keterangan pekerjaan yang saya lakukan, dan setelah lama saya memutuskan untuk menulis "Owner of nama Online Shop" 
20. Employer and employers address and telephone number, ........ saya menuliskan alamat dan nomor ponsel saya 
21. Main purpose of the journey, disini juga ada banyak pilihan tapi saya memlih Visiting famili or friend (sesuai dengan check list ya)
22. Member States of destination, saya tulis Netherland karena tujuan saya hanya di Belanda saja
23. Member States of first entry, saya juga mencantumkan Netherland karena saya datang di Bandara Schiphol
24. Number of entries requested, pada kolom ini ada pilihan single entry, two entry dan multiple entries, disini saya silang single entry
25. Duration of the intended stay, isi dengan jumlah hari yang teman-teman rencanakan
26. Schengen visa issued during the past three years, saya silang No jika teman-teman sudah pernah mendapatakan visa Schengen sebelumnya silang Yes dan cantumkan tanggal berlaku visa tersebut
27. Fingerprints collected previously for the purpose of applying for Schengen visa, saya silang No karena ini pengajuan Schengen visa pertama saya
28. Entry permit for the final country of destination..... tidak saya isi karena saya langsung pulang ke Indonesia
29. Intended date of arrival in the Schengen area, saya mencantumkan tanggal/bulan/tahun kedatangan saya ke Belanda
30. Intended date of departure from the Schengen area, saya mencantumkan tanggal/bulan/tahun saat meninggalkan Belanda
31. Surename and fiirst name of the inviting persons in the Member States. saya mencantumkan nama Om dan Tante saya selaku pengundang
Address and email of inviting persons/hotels/temporary accommodations,
Telephone and telefax 
Semuanya saya isi dengan informasi Om dan Tante saya
32. Name and address of inviting company/ organisation, 
Telephone and telefax of company/organisation 
Surename, first name, address, telephone, telefax, and e-mail of contact person in company/organisation
Pada kolom ini saya kosongkan atau saya beri tanda (-), karena saya bukan diundang oleh sebuah perusahaan atau organisasi.
33. Cost of traveling and living during the aplicants stay is covered, disini ada dua bagian means of supports, by the applicanr himself/herself disini ada beberapa pilihan tapi saya hanya menyilang 'Cash' 
yang kedua, by a sponsor saya silang referred to in field 31 or 32, means of support (disini saya menanyakan ke tante saya yang mana saja yang disilang)
34. Personal data of the family member who is an EU, EEA, or CH citizen, disini saya isi dengan data dari Om saya
35. Family relationship with an EU, EEA, or CH citizen, ada beberapa pilihan tapi karena keterkaitan saya dengan Om saya tidak tercantum disana jadi saya tidak menyilang apapun pada kolom pilihan.
36. Place and date, saya isi dengan tempat/tanggal/bulan/tahun saya mengajukan Schengen Visa
37. Signature, tanda tangan

Yeeeeyyyy... sudah selesai mengisi form, dan ya teman-teman tanda tangan dua kali di formulir ini, satu tanda tangan di halaman kedua dan satunya dihalaman ketiga, 

Sudah selesai mengisi Schengen visa applications, dan sudah mengumpulkan semua dokumen yang ada di check list dan beberapa tambahan dokumen tinggal teman-teman serahkan ke office nya VFS Global pilihan teman-teman. Pegawai VFS yang melayani saya sangat ramah dan membantu, oiya jika ada pertanyaan mengenai pengajuan ini lewat VFS saya sarankan tanyakan lewat email saja pasti dibalas, saya beberapa kali bertanya melewati email, dari pengalaman saya krim e-mail hari itu akan dapat balasan hari itu juga, jika ingin bertanya lewat telpon susah nyambungnya jaringannya sibuk terus :D 

baiklah ini adalah tulisan terakhir saya tentang pengajuan Schengen Visa, saya harap informasi yang saya tuliskan bermanfaat dan dapat membantu teman-teman :D

Teman-teman bisa lihat tulisan sebelumnya dari pengalaman saya mengurus sendiri Schengen Visa kurang dari 90 hari melalui VFS Global Indonesia s disiini >>>

Jika teman-teman berencana untuk mengurus sendiri Visa Jepang bisa  lihat tulisan dari pengalaman saya disini >>>
Mengurus Sendiri Visa 90 Hari ke Jepang

Terimakasih 💕💕😀




No comments:

Post a Comment